widget:

Sabtu, 26 Januari 2019

Ujian SKK penggalang

Kwarcab sml|26 januari 2019


SKK adalah singkatan dari Syarat Kecakapan Khusus, sedang TKK adalah singkatan dari Tanda Kecakapan Khusus. Keduanya saling terkait. SKK (Syarat Kecakapan Khusus) merupakan serangkaian syarat untuk mendapatkan TKK (Tanda Kecakapan Khusus). Sedangkan TKK adalah tanda yang diberikan setelah menyelesaikan SKK.





Dalam AD/ART Gerakan Pramuka Pasal 9 ayat 3 disebutkan bahwa salah satu metoda pendidikan kepramukaan adalah Sistem Tanda Kecakapan.

Sistem tanda kecakapan ini terdiri atas tanda kecakapan umum dan tanda kecakapan khusus. Syarat tanda kecakapan umum, meliputi berbagai bidang dan semua Pramuka pada waktunya harus mencapainya. Sedangkan SKK meliputi hanya satu bidang saja.





Berdasarkan penjabaran diatas Gugus depan 01-027/01-028 pangkalan SMP Negeri 1 Simeulue Timur, mengadakan pengujian SKK diamana SKK yang diuji berupa SKK memasak tingkat Purwa dan SKK memasak tingkat Madya bagi anggota Pramuka tingkat penggalang ramu, Rakit dan Terap.


Dalam pengujian ini di hadiri oleh beberapa orang guru, yang berfungsi sebagai tim penguji. Dalam penilaian ini hasik yang didapat dari pembinaan ini bukan hanya bernilai kemampuan peserta didik dalam hal masak memasak, juga di nilai akan kemampuan peserta dalam penataan meja, serta meningkatkan rasa kepribadian, kerja sama, kemampuan lainnya.




Semoga keterampilan ini mendapatkan hasil yang memumpuni dalam pembinaan pramuka penggalang, sehingga menciptakan Anggota Pramuka yang siap untuk ikut serta membangun masyarakat, pada saat menjafi Pramuka Penegak.

Laporan : MD


Artikel Terkait :



0 komentar:

Posting Komentar

Salam Pramuka!